Aspek ERGONOMI
dalam Interaksi Manusia dan Komputera (IMK)
Merupakan suatu bidang studi yang menangani perancangan
kegiatan dan tugas yang cocok dengan kapabilitas manusia dan limitnya seta
faktor kenyamanan kerja seperti kenyamanan dari segi anatomi, psikologi,
manajemen, tata letak ruang dan peralatan yang mudah dijangkau bagi manusia
dalam melaksanakan aktifitasnya.
Keuntungan Penerapan Ergomomi
- Produktifitas
meningkat
- Aktifitas
lebih baik karena adanya faktor kenyamanan layanan dalam melakukan pekerjaan.
- hasil
kerja lebih baik karena sistem yang diopersikan lebih familiar
- Efisiensi
dan efektif dalam pengoperasian sistem.
Aspek Ergomoni dalam IMK sangat diperngaruhi oleh ;
Merupakan
kebiasan/ karakteristik manusia dalam menghasilkan kinerja untuk kemajuan
organisasi
|
- Manusia
- Perilaku
- Budaya
- Sistem
kerja
- Kedisiplinan
dan tanggung jawab
- Hardware /
peralatan Teknologi Informasi
- Sistem /
piranti yang terbaru atau yang mudah dikenal dan interaksi yang mudah
diingat.
- Dapat
menerima aplikasi dalam permasalahan yang komplit supaya cepat memberikan
infomasi.
- Dapat
menjaga dan mendeteksi kesalahan dari aspek manusia dan software.
- Software
- Dapat
melakukan interogatif dengan brainware dan hardware dengan cepat.
- Memberikan
informasi dalam mengurangi kesalahan sistem logika apabila kelaur dari
konsep Sistem Informasi.
- Dapat
memberikan informasi model yang terbaru dalam melayani penggunaan tentang
hasil informasi atau konsisten.
Prinsip-prinsip ergonomi
- Prinsip
physical
- Jadikanlah
segala sesuatu mudah dijangkau
- Bekerja
dengan tinggi yang sesuai
- Bekerja
dengan postur yang sesuai
- Mengurangi
pengeluaran tenaga yang berlebihan
- Meminimalkan
keletihan/kepenatan
- Mengurangi
pengulangan yang berlebihan
- Memberikan
jarak ruang dan akses
- Meminimalkan
kontak atau hubungan stress
- Memberikan
bobilisasi dan merubah posisi
- Menciptakan
leingkungan yang menyenangkan pencahayaan, temperatur dan mengecilkan
getaran.
- Prisip
kognitif
- Adanya
standarisasi
- Menghubungkan
APSI dan persepsi
- Mempermudah
pemaparan suatu informasi
- Menyajikan
informasi pada level yang tepat secara detail
- Memberikan
gambaran yang jelas
- Membuat
pola yang benar dan pengelompokan data yang jelas
- Memberikan
umpan balik secara cepat.
Pencahayaan
Tujuan
pencahayaan ;
a.
Menghindari
user dari cahaya terang langsugn dari pantulannya
b.
Memperoleh
keseimbangan antar kecerahan layar tampilan dan kecerahan pencahayaan yang ada
di depan user.
c.
Menghidari
cahaya langsung atau pantulan yang langsung mengenai layar tampilan.
d.
Memberiakn
keyakinan bahwa ada pencahayaan yang cukup untuk perkejaan yang tidak
menggunakan layar tampilan.
Sumber cahaya
a.
Cahaya langsung
bersala dari matahari dan lampu yang langsung menerobos ke ruang pekerjaan
lewat jendela.
b.
Cahaya tidak
langsung, dipantulkan oleh tembok atau partisi platfon lantai, bahan yang
disekitar monitor, permukaan meja dan pakaian yang digunakan oleh operator.
c.
Panas yang
berlebihan dari suhu komputer, untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan
tata ruang yang dapat meredam dan menstabilkan cahaya dan suhu ruangan yang
nyaman untuk menjaga keawetan peralatan.
Gangguan suara
Berasal dari
AC, komputer, manusia, suara speaker dan peralatan lain yang mengakbiatkan
tergangnunya konstrasi user / pengguna dalam melangsungkan aktifitas.
Ergonomik
- Kenyamanan
dalam menjalankan aktifitas
- Keseimbangan
dari semua aspek
- Aspek
menggambarkan suasana kerja yang familiar
- Ruangan
yang artistik
- Lingkungan
yangmeningkatkan hasil kerja
- Keserasian
dari tata letak pencahaan, prilaku, sistem yang familiar dapat
meningkatkan pengembangan organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar